Tutorial Membuat Presentasi di Microsoft SWAY

Sway merupakan terobosan baru dari Microsoft yang mulai rilis sekitar tahun 2014. Sway bukanlah software yang harus diinstal pada PC atau Laptop tetapi merupakan aplikasi yang berbasis web. Aplikasi gratis ini  membantu mengumpulkan, memformat, dan berbagi ide, cerita, dan presentasi kita di kanvas interaktif berbasis web yang terlihat menarik hampir di layar apa pun. Kita bisa membuat Sway baru dengan mudah dengan menambahkan teks, gambar, dokumen, video, bagan, atau tipe konten lain, dan Sway akan membuatnya terlihat bagus hanya dengan beberapa langkah mudah.

Sehingga bisa dikatakan aplikasi Sway ini sangat cocok untuk pebisnis, pelajar dan mahasiswa yang akan membuat laporan, resume, presentasi, serta guru untuk membuat materi pelajaran agar lebih menyenangkan.

Sway berbasis web, sehingga ketika kita menggunakannya atau menampilkannya harus terhubung dengan internet secara online. keuntungannya, kita tidak perlu menginstal, tidak perlu takut data akan hilang karena laptop rusak karena datanya akan tersimpan pada server sway.com


Lantas, apa bedanya dengan powerpoint? Bukankah powerpoint juga ada yang online?


Nah, berikut ini adalah sedikit ulasan mengenai perbedaan sway dengan powerpoint
  1. Sway Tersedia di Sway.com dan Windows 10. Artinya sway bisa diakses disembarang browser. Mozilla, Chrome, explorer, opera mini, dan sebagainya.
  2. Document Sway secara otomatis akan tersimpan di Sway.com, Powepoint tersimpan di Komputer local atau OneDrive.
  3. Power point hanya bisa mengambil data dari lokal (misal gambar) sedangkan sway bisa mengambil resource dari berbagai sumber, misalkan mengambil video youtube, tweet dan komponen web lain yang berbasis iframe.
  4. Tampilan Sway bersifat Responsive. Artinya tampilannya akan menyesuaikan dnegan ukuran layar pengakses. Jika diakses di Smartphone desainnya juga akan mengikuti smartphone. Ini sangat berberbeda dengan Microsoft Power point.
  5. Sejauh ini, document sway tidak bisa didownload berbeda dengan Power point yang bentuknya file.
  6. Sway didesain untuk presentasi yang bersifat interaktif dari sisi kontentnya, sedangkan Powerpoiint interaktif dari sisi transisi slidenya.
  7. Sway bisa mengimport PDF, Powerpoint atau doc. Artinya jika anda ingin mengkonversi powerpoint anda kesway, anda cukup upload dan powerpoint anda langsung jadi sway.
  8. Sway bersifat Gratis (sejauh ini) sedangkan Powerpoint berbayar (versi desktop).
  9. Dokumen sway bisa dishare ke jejarig sosial atau di sematkan di Blog.
  10. Sway memungkinkan dibuat dengan cara kolaborasi. Artinya 2 orang atau lebih mengedit dokumen yang sama secara bersamaan.

Bagaimana Memulainya?

Untuk menggunakan Sway, masuk di http://www.sway.com dengan akun Microsoft Anda. Jika Anda belum memiliki akun, kunjungi http://www.microsoft.com/account untuk mendaftar secara gratis.

Tutorial Membuat Presentasi di SWAY


Nah, setelah mendapatkan akun microsoft kita sekarang sudah bisa langsung berkreasi. Silakan menyaksikan tayangan video berikut sesuai dengan temanya masing-masing.

Bercerita “dengan Cara Sway” 

Jelajahi alur kerja Sway, termasuk Jalan Cerita, Pratinjau, dan menampilkan Sway final. Video ini juga membahas fitur Remix — cara yang mudah dan menyenangkan untuk mencoba desain yang benar-benar baru. 


Membuat tutorial di Sway 


Menginginkan cara yang interaktif, modern, dan memikat untuk menjelaskan atau mengajarkan sesuatu kepada orang lain? Video ini memperlihatkan cara untuk melakukannya dengan menggunakan Sway. 

Berbagi liburan di Sway 

Pelajari cara menggunakan Sway untuk mengimpor serta menata foto dan video Anda untuk bercerita tentang liburan Anda — atau cerita pribadi lain yang Anda ingin sampaikan. 

Membuat buletin di Sway 

Menulis buletin atau brosur, dan berencana mendistribusikannya secara online? Video ini memperlihatkan cara untuk membuat buletin yang indah dan memikat menggunakan Sway. 

Menyusun presentasi di Sway (Bagian 1

Perlu menyampaikan presentasi yang memikat dan modern? Video pertama dari dua video ini memperlihatkan bagaimana Sway dapat membantu menyampaikan pesan Anda dengan cara yang tepat. 


Menyusun presentasi di Sway (Bagian 2) 

Video kedua dari dua video ini memperlihatkan cara menggunakan fitur Sway seperti grup, kisi, keterangan, dan titik fokus untuk membuat presentasi yang hebat menjadi lebih baik lagi. 

Berbagi Sway 

Bila tiba waktunya untuk berbagi kreasi Anda dengan orang lain, Sway menawarkan sejumlah cara untuk berbagi cerita Anda dengan audiens yang tepat. Pelajari tentang privasi dan opsi tersemat Anda dalam video ini. 

Berkolaborasi pada sebuah Sway 

Ingin bekerja bersama dengan orang lain untuk membuat Sway? Video ini membahas tentang bekerja bersama beberapa penulis dan berhubungan melalui Skype untuk berkolaborasi secara real time. 

Tips profesional untuk menggunakan Sway 

Ingin membuat Sway yang lebih kaya lagi? Video ini membahas cara mengontrol gambar, tumpukan, perbandingan, dan konten tersemat seperti peta, file, dan dokumen Microsoft Office. 


Demikian informasi dan tutorial mengenai SWAY, Semoga bermanfaat!

Referensi: https://support.office.com

3 komentar untuk "Tutorial Membuat Presentasi di Microsoft SWAY"