header

Ini yang Harus Dilakukan Ketika Lupa Sandi Gmail

Seringkali saya menjumpai kerabat yang mengeluhkan lupa sandi Gmail. Padahal semua data – data penting ada di sana. Sedangkan jika lupa passwordnya, praktis dia tidak masuk. Hayoo… siapa yang tidak bingung jika ada di posisi seperti kerabat saya itu.

Sebelumnya saya jelasin dulu yang dimaksud Gmail di sini adalah layanan email dari Google. Bicara tentang akun Gmail atau Google tentu juga bicara semua aplikasi yang ada di dalamnya. Termasuk Google drive, Play store, Google Docs, dan sebagainya. Jadi di dalam Gmail tak hanya berkutat dengan email saja, karena ada buanyak aplikasi dan fasilitas di dalamnya

Dengan alasan keamanan, pihak google (Gmail) sering menyarankan kita untuk mengubah password secara periodik. Dan itu juga saya lakukan. Nah, celakanya saya justru masih ingat sandi yang lama, tetapi sudah lupa sandi Gmail yang baru. Istri saya juga demikian ternyata, waduh sebelas dua belas dah hehehe…

Nah kabar baiknya. Karena banyak orang yang mengalami kejadian lupa sandi Gmail, seperti kerabat saya dan saya sendiri, dan bahkan mungkin anda juga hehehe… maka pihak google juga sudah memberikan solusi terkait permasalahan itu. 

Solusi ini sudah TERBUKTI BERHASIL saya lakukan. Untuk itu bagi anda yang sekarang lupa password Gmail atau mungkin ada teman anda yang sedang mengalami maka coba perhatikan langkah – langkah berikut ini. 

Panduan Ketika Kita Lupa Sandi Gmail

Cara memulihkan akun Gmail
Jika anda lupa password Gmail (email dari mbah google) maka solusinya adalah anda harus membuat password baru dan memulihkan akses ke akun Anda. Lalu caranya?

1. Pastikan Anda: 
  • memiliki alamat email sekunder untuk akun Gmail Anda. Apa itu email sekunder? Ketika anda dulu baru bikin email, kan ada tuh perintah untuk memasukkan email sekunder atau email lain selain yang kita akan bikin (dan harus Gmail). atau
  • belum login ke akun Gmail Anda selama 5 hari.
2. Tuliskan dulu akun Gmail yang mau kita recovery passwordnya

3. Lalu klik lupa sandi? Atau (Forgot password?) pada halaman login Gmail

4. Tuliskan password sebelumnya yang pernah anda pakai.
    Seperti kasus yang pernah saya alami. Saya telah mengganti sandi. Tetapi saya lupa sandi yang    baru, dan justru saya ingat dengan password lama atau password sebelumnya. Nah, sandi lama seperti ini yang harus kita masukkan
Menulis sandi terakhir

5. Kemudian anda klik berikutnya atau next. Jika langkah nomor 4 lupa, maka lanjut ke langkah nomor 6.

6. Jika anda benar – benar lupa sandi Gmail yang pernah anda gunakan, maka klik coba cara lain.

7. Pihak Gmail akan menanyakan sejumlah pertanyaan untuk membuktikan bahwa akun Gmail tersebut memang betul – betul milik anda. Masukkan jawaban Anda setepat mungkin. Lalu klik berikutnya (Next). Jika masih bimbang klik coba cara lain.
Berikut ini adalah contoh pertanyannya.
Pertanyaan keamanan pemulihan akun Gmail

8. Jika anda tidak bisa menjawab semua pertanyaan, maka pertanyaan terakhir ini harus bisa. Jika tidak, maka akun anda tidak bisa dipulihkan. Apa itu? Email sekunder (email pemulihan) atau nomor HP yang kita daftarkan.
Ini contoh yang saya alami
Email Sekunder
    Jika dalam tahap ini anda tidak bisa menunjukkan email sekunder atau nomor HP, maka akun anda belum bisa di verifikasi. seperti gambar berikut.

9. Setelah kita masukkan email sekunder, maka Gmail akan mengirimkan sebuah kode ke akun Gmail sekunder tadi. Jika kita menggunakan No. HP maka Google akan mengirimkannya melalui SMS. 
Pengiriman kode keamanan via email sekunder 

   Jika menggunakan No. HP tampilannya seperti gambar di bawah ini
Pengiriman kode keamanan via SMS ke No. HP anda

10. Nah, jika kita sudah dapat kode verifikasi. Tinggal kita masukkan lalu klik Berikutnya. Setelah itu kalau sudah masuk, kita bikin password baru dan Selesai…. Jangan sampai lupa sandi lagi ya….

11. Semoga Sukses

Demikian panduan tentang cara memulihkan akun Gmail yang lupa sandinya (password). Semoga tulisan ini bermanfaat


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini yang Harus Dilakukan Ketika Lupa Sandi Gmail"

Post a Comment