Ini 6 Manfaat Luar Biasa Microsoft Onenote Untuk Dunia Pendidikan

Microsoft Onenote merupakan software atau tool yang fungsi dasarnya adalah untuk mengorganisasi file-file ke dalam satu kelompok semacam catatan buku. Dengan berbagai fungsi di dalamnya, onenote ini sangat efektif dan powerfull untuk kalangan bisnis. Namun, jika diterapkan dalam pembelajaran hasilnya semakin luar biasa. Simak 6 manfaat yang luar biasa onenote dalam pembelajaran di sekolah atau kampus berikut ini.

1. Onenote bisa mengorganisasi file-file dengan rapi ke dalam suatu digital notebook.

Semua penjelasan dari guru/dosen berupa file-file berekstensi powerpoint, word, excel, audio, video, link suatu website, dan lainnya bisa kita masukkan ke dalam sebuah notebook digital. Sehingga dengan onenote kita bisa mempunyai semua catatan-catatan lengkap dan penting dari suatu pelajaran.
Onenote
Sumber: blogs.technet.com

2. Onenote bisa digunakan untuk berkolaborasi jarak jauh.

Fitur dalam onenote memungkinkan kita untuk menshare suatu tugas proyek kepada teman-teman kita dengan menggunakan cloud secara online. Sehingga kita bisa mengerjakan tugas kelompok dengan teman kita meskipun tidak saling bertemu. Sebut saja misalkan kita mendapat tugas membuat karya ilmiah, kemudian kita membagi tugas tiap-tiap bab atau sub-bab ke teman-teman kita. Maka kita akan tahu pekerjaan teman kita sudah, belum, atau sedang dikerjakan.
Onenote
Sumber: blogs.technet.com

3.  Bisa digunakan di beberapa device baik offline maupun online.

Onenote sangat fleksibel dan mengerti akan kesibukan penggunanya. Kita tidak harus membukanya di desktop PC atau laptop. Ketika kita dalam perjalanan, kita masih bisa bekerja karena onenote juga bisa digunakan via android, Ios, Windows Phone. Tentunya akan lebih work jika onenote disinkronkan dengan internet.
Onenote
Sumber: blogs.technet.com

4. Bisa untuk merekam penjelasan guru dan Menandainya sehingga kita bisa mendengarkannya dengan cepat.

Dengan fitur link audio, kita bisa langsung mendengarkan penjelasan guru di tiap-tiap bagian penting atau sub bab.
Onenote
Sumber: blogs.technet.com

5.  Bisa menggunakan tulis tangan baik untuk mengetik, menggambar, dan mewarnai.

Untuk pelajaran seni atau terutama Matematika fitur ini sangat penting. Karena dengan tulis-tangan (handwriting) kita bisa lebih cepat untuk bekerja dan menuangkan ide-ide. Fitur ini juga memungkinkan bagi guru untuk menilai pekerjaan siswa secara langsung yang telah dishare ke gurunya. Sehingga guru bisa langsung memberi feedback pekerjaan siswa tanpa harus mencetak, bahkan tanpa harus bertatap muka.
Onenote
Sumber: blogs.technet.com

6.  Membuat kuis sendiri dengan memanfaatkan fitur link.

Untuk mengecek seberapa jauh pemahaman kita tentang suatu pelajaran, maka kita bisa menggunakan onenote untuk membuat kuis. Kuis yang kita buat akan langsung terhubung dengan catatan yang kita buat.
Onenote
Sumber: blogs.technet.com



Dari keunggulan di atas, semoga bisa menghasilkan pembelajaran yang luar biasa dan pendidikan Indonesia akan maju. Oiya, Onenote ini bisa kita download gratis lho. Untuk versi gratis silakan download di onenote.com. Perlu diingat bahwa teknologi akan bermanfaat jika digunakan dengan tepat. Tetapi teknologi juga bisa merusak kehidupan kita jika salah dalam menggunakannya.
Diadaptasi dari blogs.technet.com

Posting Komentar untuk "Ini 6 Manfaat Luar Biasa Microsoft Onenote Untuk Dunia Pendidikan"