header

Awali Dengan Niat Yang Baik

Pentingya niat di awal

Apa itu Niat?

Istilah niat berasal dari bahasa arab (anniyah) yang artinya adalah tekad atau keinginan. Dalam bahasa jawa, istilah niat itu identik dengan sungguh-sungguh. Kerjo sing niat itu artinya bekerja dengan sungguh-sungguh. Niat merupakan hal pokok yang wajib dimiliki oleh setiap orang ketika hendak melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Seseorang yang tidak punya niat, maka akan kehilangan arah dan tujuan hidupnya, karena niat itu adalah sebuah pondasi atau visi dan misi dalam kehidupan seseorang.

Rasulullah Muhammad SAW telah bersabda, “Sesungguhnya setiap amal seseorang itu tergantung niatnya, dan setiap orang akan dimintai pertanggungjawaban berdasarkan niat yang ada dalam hatinya.”

Ada dua pesan yang bisa kita tangkap dari hadits di atas. Pertama, ketika kita akan melakukan suatu aktivitas atau pekerjaan, pastikan kita mengawalinya dengan niat. Pekerjaan baik harus dengan niat baik. Akan sia-sia pekerjaan baik (tidak bernilai ibadah) yang kita lakukan jika niat di awal kita tidak baik. Kedua, meskipun niat itu dibaca, ditanamkan dalam hati di awal perbuatan, tapi sesungguhnya makna dari niat itu adalah menggambarkan sebuah tujuan, dan tujuan biasanya di akhir dari suatu pekerjaan.

Dari dua pesan di atas kita bisa mengambil sebuah pelajaran yang berharga. Yakni, untuk mencapai kesuksesan harus dimulai dengan langkah awal, yaitu niat baik dan merefleksikan niat baik itu pada tujuan akhir atau misi yang kita inginkan. Mari kita mengawali pekerjaan kita dengan niat baik, fokus pada tujuan dan cita-cita yang kita inginkan. Insya Allah pasti berhasil dengan LUAR BIASA…

Kesuksesan merupakan hak setiap orang yang mau untuk selalu berubah, mulai melangkah dan bergerak maju menuju titik tujuan yang lebih baik. Bagi orang yang ingin sukses, tidak ada kata untuk berhenti, karena diam berarti mati. Seperti diungkapkan dalam puisi Kahlil Gibran:
Berhenti, tak ada tempat di jalan ini
Sikap lamban berarti mati,
Mereka yang bergerak,
Merekalah yang akan maju ke muka

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awali Dengan Niat Yang Baik"

Post a Comment