header

Cara Memblokir FB Sendiri

Siapa sih yang tidak tahu Facebook di zaman ini? Semua pasti tahu tentang media social raksasa ini. Facebook mempunyai jumlah pengguna terbanyak dari media social lain. Dari usia anak SD sampai yang sudah punya cucu atau cicit, pasti tidak ketinggalan untuk menjadi pengguna facebook.  Tak heran jika perusahaan facebook ini meraup untung besar dalam bisnis periklanannya.

Namun di sisi lain, tidak sedikit orang yang ingin mencari cara memblokir FB sendiri. Kebanyakan mereka khawatir tentang privasinya. Ada juga yang ingin bikin akun baru lagi dan memblokir yang lama. Ada juga yang beralasan bahwa akun FB nya sudah kena hack, sehingga dia ingin memblokirnya. Dan banyak lagi alasannya. Tapi apapun alasannya, kesimpulannya satu yaitu memblokir FB nya sendiri.
Cara memblokir FB sendiri

Memblokir FB sendiri ini mempunyai dua arti yaitu menonaktifkan (deactivate) atau menghapus (delete) akun. Keduanya tidaklah sama. Nah, kalau begitu apa perbedaan dari keduanya? Dan bagaimana cara menonaktifkan atau menghapus akun FB? Kita akan bahas satu per satu ya…

Ada dua cara untuk memblokir akun FB sendiri, yaitu Deactivate dan Delete. Pilihan ada di Anda.

Menonaktifkan Akun FB (Deactivate)

Jika anda memilih untuk menonaktifkan akun FB, maka ini yang terjadi
  • Orang – orang tidak dapat lagi melihat linimasa (timeline) anda di Facebook. Dan juga mereka tidak dapat mencari anda di Facebook
  • Anda masih bisa mengaktifkan kembali akun FB anda kapanpun ketika diinginkan
  • Beberapa informasi mungkin tetap terlihat (seperti pesan telah terkirim)
  • Facebook masih menyimpan info akun anda (seperti teman dan interest anda). Hal ini tentu diperlukan jika anda ingin mengaktifkan akun FB kembali

Menghapus Akun FB (Delete)

Memblokir akun FB sendiri dengan cara menghapus akun ini bisa berdampak serius. Jadi harap dipertimbangkan dengan baik keputusannya. Berikut ini adalah dampak jika anda melakukan delete akun Facebook.
  • Anda sudah tidak dapat lagi mengakses akun FB yang telah anda hapus
  • Facebook memberi masa tenggang beberapa hari setelah permintaan penghapusan akun dibuat. Nah, jika anda login  atau masuk kea kun FB tersebut pada masa tenggang, maka permintaan penghapusan otomatis dibatalkan
  • Data anda yang tersimpan di system cadangan (back up system) akan dihapus jika sudah 90 hari. Namun, anda tidak dapat mengaksesnya selama waktu ini.
  • Beberapa hal tidak akan disimpan di akun anda, seperti pesan yang telah terkirim.
  • Salinan beberapa materi (seperti daftar penelepon) dapat tetap berada di database Facebook, tetapi tidak berhubungan dengan identitas pribadi.
Kesimpulannya
Jadi intinya, menonaktifkan adalah cara memblokir akun FB sendiri untuk sementara waktu. Sedangkan menghapus adalah memblokir akun FB secara permanen. Jadi anda harus pikir masak-masak sebelum melakukan penghapusan.

Cara Menonaktifkan Akun Facebook

Berikut ini adalah langkah – langkah untuk menonaktifkan (Deactivate) akun FB.
  1. Klik menu panah bawah di bagian kanan atas yang terdapat di halaman facebook anda
  2. Pilih “setting”
  3. Pilih “keamanan” atau “security” di kolom kiri
  4. Pilih “menonaktifkan akun” atau “Deactivate your account”
  5. Ikuti langkah – langkah untuk mengonfirmasi keputusan anda. 
Untuk mengaktifkan kembali akun anda caranya sangat gampang. Anda cukup login di facebook dengan menggunakan email dan password seperti biasanya. Jika anda lupa sandi email silakan baca (Panduan Ketika Anda Lupa Sandi Gmail/Email) setelah berhasil login, maka akun anda telah pulih seperti sedia kala.

Cara Menghapus Akun Facebook

Sekali lagi saya ingatkan, bahwa menghapus akun FB merupakan keputusan yang sangat serius. Sebelum anda menyesali, silakan dipertimbangkan terlebih dahulu. Suka atau tidak, disadari atau tidak, media social kini mempunyai peranan sangat penting di masyarakat. Profil facebook anda dapat mempengaruhi persahabatan, peluang kerja, dan peluang social. Di tambah lagi, ada mungkin akan kehilangan beberapa informasi.
Jika memang sudah matang keputusannya untuk menghapus akun FB, Silakan klik link di bawah ini (Delete My Account)


Sebelum anda menghapus akun FB. Ada baiknya anda mendownload data – data anda, seluruh informasi profil anda yang sudah ada di FB. 
  1. Klik menu panah bawah di bagian kanan atas yang terdapat di halaman facebook anda
  2. Klik “Download a copy of your Facebook data” di bawah setelan akun umum (General Account Settings)
  3. Pilih “Start My Archive
Data arsip anda ini sangat penting, jadi simpan dengan hati – hati, agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak beryanggingjawab. Karena data ini mencakup seluruh informasi penting tentang anda.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memblokir FB Sendiri"

Post a Comment