header

Ini yang Harus Dilakukan Ketika Akun Facebook Dibobol

Sebuah pengalaman yang tidak menyenangkan terjadi pada saya beberapa hari yang lalu. Di mana ada orang yang tidak bertanggungjawab telah membobol facebook saya. Tak cukup membobol, dia juga mengganti password sehingga pemilik akun asli tidak bisa masuk.

Ilustrasi Pembobol Akun Facebook

Lalu bisa ditebak apa yang dilakukan olehnya? Iya, dengan menggunakan nama saya dia mengirimkan pesan ke sebagian besar teman yang ada di kontak facebook. Tahu sendiri ujung-ujungnya, dia pakai modus pinjam uang lalu minta transfer… Cukup ngeselin bukan???

Awal ceritanya

Pagi sekitar pukul 6.30 saya sedang duduk santai sambil buka smartphone, kebetulan saya tidak masuk kerja karena pasca operasi apendiks.

Alangkah herannya ketika saya buka FB kok minta password. Saya coba gunakan password saya kok ditolak berkali-kali. Sampai sini saya masih berbaik sangka, mungkin bisa saja saya sudah lupa passwordnya.

Tetapi beberapa menit kemudian ada beberapa sahabat saya yang konfirmasi melalui WhatsApp tentang pesan yang saya kirim melalui FB sembari mengirimkan screenshot. Isi pesannya sudah bisa ditebak, MINTA UANG….

Nominal yang diminta pun bermacam-macam untuk tiap orang. Ada yang ratusan ribu ada yang jutaan. Nampaknya pelaku juga melihat profil korban. Entah usia entah status pekerjaan yang dilihat.
Spontan, saya konfirmasi dan meminta teman-teman saya untuk membantu saya konfirmasi melalui FB bahwa akun saya telah dibobol.

Tapi, secepat kilat teman-teman tersebut langsung diblokir dari pertemanan saya. Akibatnya postingan teman-teman saya tersebut tidak bisa terlihat oleh teman saya yang lain. Hilanglah tag yang dibuat ke saya. Praktis, cara ini tidak berhasil.

Langkah berikutnya, saya masuk FB dengan klik lupa password. Kemudian melalui email akan dikirim link untuk mengubah password.

Alhamdulillah bias masuk FB lagi… Eits… tunggu dulu… ternyata belum selesai. Meskipun saya sudah mengganti password dan bisa masuk akun FB, ternyata pelaku juga masih aktif.

Saya baru sadar ketika melihat chat pesan masih aktif berlangsung. Jadi ternyata FB bisa aktif bersamaan dengan banyak device, sekalipun kita sudah mengubah password.

Sehingga yang terjadi, saya dan pelaku berlomba menulis pesan. Dia yang melancarkan aksi, saya yang klarifikasi. Sehingga teman FB jadi bingung…

Pelaku tidak kalah akal. Saya dikeluarkan sehingga tidak bisa masuk lagi. Saya coba masuk ternyata bisa, kemudian ditendang keluar lagi. Masuk lagi dan ditendang lagi. Sementara itu dia sudah berhasil menggaet korban. Untung nominalnya 200 ribu, jadi tak apalah kalau harus ganti.

Berangkat dari situ, saya pun dapat ide. Kenapa tidak saya saja yang Nendang dia, keluarin dia. Saya coba cari-cari. Akhirnya ketemu…

Alhamdulillah setelah saya keluarkan, dia tidak bisa masuk lagi. Lha wong password-nya saya ubah...

Lantas bagaimanakah caranya untuk mengeluarkan orang lain tersebut? Simak tulisan saya di bawah ini.

Ini yang Harus Anda Lakukan Ketika Akun Facebook Dibobol Orang Lain

  1. Pertama Jelas, anda harus bisa masuk dulu ke FB. Kalau password-nya sudah diubah oleh pelaku, anda tinggal klik lupa password. Nanti akan diarahkan ke email untuk pembaruan password.
  2. Masuk ke pengaturan & Privasi. Kalau di smartphone ada icon garis tiga yang terdapat di pojok kanan atas. Kalau di PC Desktop ada di kanan atas pada foto akun yang kecil itu. Klik kemudian scroll ke bawah lalu carilah tulisan “Pengaturan & Privasi” dan klik.
  3. Klik “Pengaturan”. Setelah anda klik pengaturan & privasi, nah di situ ada banyak menu. Pilihlah “Pengaturan”
  4. Pilih “Kemanan dan Login
  5. Lihat menu “Tempat Anda Login”. Di situ akan terlihat device apa saja yang masuk ke akun anda. Jika anda lihat ada device yang memang bukan milik anda, berarti itu adalah milik pelaku.
  6. Di kotak "Tempat Anda Login" jika dilihat kok ada device yang mencurigakan alias bukan milik anda, maka langsung segera Pilih dan Klik "Bukan Anda
    klik "Bukan Anda"
              
    Ini adalah tampilan yang mencurigakan. "PC Windows Singapore" itu jelas bukan saya
Jika Anda lakukan tutorial di atas, insya Allah akun anda sudah aman. Akan tetapi jika ingin lebih aman lagi, sebaiknya setelah langkah di atas anda melakukan pengamanan tiga langkah seperti yang disarankan oleh facebook. Letaknya ada di pengaturan.

Ketika anda iseng mencari di google "cara hack facebook" maka akan banyak sekali tutorialnya. Dan saya berharap ilmu tersebut tidak disalahgunakan seperti orang yang telah meng-hack akun FB saya tersebut.

Dan saya berdoa semoga kita semua aman dari hack atau penipuan dan semoga pelaku yang tidak bertanggungjawab tersebut diberi hidayah oleh Allah SWT sehingga tidak melakukan perbuatan yang merugikan lagi.
Wassalam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini yang Harus Dilakukan Ketika Akun Facebook Dibobol "

Post a Comment